Memory Exhausted Problem While Uploading Image Using CMS WordPress

October 5, 2010

Maaf nih pembaca, kalau udah mulai kurang semangat nulis blog. Kali ini saya mau mendokumentasikan akal bulus alias cara ngakalin waktu nemuin problem memory exhausted di wordpress, masalah ini biasanya ditemukan oleh kita-kita yang punya hosting, pake wordpress, dan pake plugin2 tertentu semacam e-commerce. Meskipun sebenernya cara ini tidak terlalu intelek tapi lumayan lah bisa menghemat biaya diatas 2 Juta Rupiah, ga percaya? Mari kita baca sama sama..

Awal masalahnya begini, kejadian seperti ini saya temukan waktu saya sedang membangun website toko sepatu saya. Hosting yang saya punya kalo dibilang ya termasuk kelas menengah karena mau dipake buat e-commerce jadi harus kenceng, dapat fasilitas memory execution limit 48 MB, dengan jumlah kapasitas hardisk yang cukup besar 1 GB lebih, padahal saya nggak butuh terlalu banyak, begitu juga dengan SQL dan Bandwidth limitnya, udah lebih dari cukup lah pokoknya.

Nah, masalahnya gini, pas upload foto2 produk ke web, ditengah jalan muncul pesan error seperti ini:

Fatal error: Allowed memory size of 50331648 bytes exhausted (tried to allocate 14592 bytes) in /home/………../image_processing.php  on line 12

Sebenernya waktu di cek di FTP, image udah masuk tapi nggak bisa dimunculkan di web. Ukuran file-nya hampir sekitar 700 KB. Kalau dilihat dari pesan error nya bisa diartikan bahwa proses upload kita sebenarnya butuh memory paling minim sekitar 50 – 55 MB. Langsung saja saya tracing menuju script penyebab error yang katanya line 12. Ternyata disana ada script yang menunjukkan bahwa limit memory execution = 64 MB. Kalau dinalar secara logika harusnya cukup dong, lha wong limitnya aja 64 MB sedangkan proses kita cuma butuh 50 – 55 MB pasti ada apa-apanya nih..

Setelah dicek n ricek ternyata fasilitas hosting hanya memberikan limit memory execution 48 MB dan inilah penyebabnya sodara-sodara. Dan dari penyedia hosting sendiri memiliki paket kelas atas yang menyediakan limit memory 64 MB plus beberapa tambahan bergiga-giga kapasitas hardisk lagi. Anda tahu berapa harganya? hampir 3 Juta-an per tahun.. padahal sekarang ongkos per tahun hosting ane 500rb. Ga fair donk kalo bayar segitu karena cuma pengen naikin limit memory dari 48 MB ke 64 MB, meskipun ada tambahan bergiga-giga hardisk, SQL, dll, gw ga butuh itu lagi. Yang gw butuh sekarang cuma limit memory execution !!!

Saya nggak ilang akal, coba saya masukin image yang ukurannya kecil, 1 KB. Dan ternyata NO PROBLEM !!! Sama sekali ga ada masalah dalam proses upload nya. Kemudian, saya upload file asli 700 KB yang pengen dimasukin ke web dan overwrite file 1 KB tadi dengan nama yang sama, tapi dengan syarat upload-nya lewat FTP atau File Manager atau Cpanel atau apalah yang penting ga lewat wordpress-nya. Terus di refresh web kita, DAN… IT WORKS !!!

Jadi kesimpulannya adalah, upload file kecil sebagai umpan-nya agar wordpress mendetect file tersebut dan menampilkannya di web. Setelah itu, overwrite dengan file asli (ukurannya lebih besar) dengan syarat melalui halaman FTP Manager atau cPanel. Jangan sampai lupa bahwa kedua file tersebut harus mempunyai format yang sama, misal: JPEG dengan JPEG, atau PNG dengan PNG.

___Contoh:___

file umpan: arrow.jpg -> 1KB

file asli: gambar_sepatu.jpg -> 700KB

rename file umpan (arrow.jpg) menjadi gambar_sepatu.jpg. Lalu upload melalui wordpress.

buka halaman cPanel atau FTP Manager, upload dan overwrite file umpan dengan file asli.

____Selesai____

Yah, namanya juga akal bulus, pasti ada bagusnya ada jeleknya. Dan bisa jadi diantara pembaca sekalian ada yang mempunyai trik yang lebih canggih untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan seperti ini.

Semoga Bermanfaat

One Response to “Memory Exhausted Problem While Uploading Image Using CMS WordPress”


  1. ceritanya mirip ketika mau upload file besar ke moodle saya.
    besar file sampai 50MB. hehehe
    ngak bisa lewat metode POST karena memang dibatasi besar filenya. lagian upload via POST lebih sering error.
    akhirnya upload via ftp atau scp.
    salam,


Leave a comment